Skip to main content

Dasar Arduino

Dasar Arduino

DASAR ARDUINO

Gambar 1( Logo Arduino )

Apa itu Arduino? Menurut web Arduinonya sendiri, Arduino adalah platform elektronik open-source yang didasarkan pada perangkat keras dan lunak yang mudah digunakan. Sederhana-nya, Arduino adalah sebuah perangkat mikrokontroller yang dirancang untuk memudahkan penggunaan atau pengendalian komponen elektronika dalam berbagai bidang. Layaknya android, Arduino ini bersifat open-source sehingga membuat Arduino ini dapat berkembang dengan pesat. Untuk mengendalikannya pun diperlukan permrograman sehingga Arduino dapat kita jalankan sesuai keiniginan kita. Contohnya ketika kita ingin mengatur sensor ultrasonik, maka kita akan memprogram sensor ultrasonik tersebut didalam software Arduino IDE yang sudah saya bahas di postingan sebelumnya.

Gambar 2( Papan Arduino )

Papan Arduino ( Arduino Board ) adalah jenis papan elektronik yang saat ini sering digunakan untuk mempelajari berbagai proyek elektronika yang tentunya melibatkan pemrograman. Papan Arduino memiliki varian yang cukup banyak, namun saya hanya memberikan beberapa contoh, mungkin di postingan lainnya saya akan menjelaskan beberapa varian yang dimiliki oleh Arduino. Contoh Papan Arduino yaitu ada Arduino Uno, Arduino Nano, dan lain-lain. Untuk menyempurnakan kinerjanya, tentunya Arduino juga "makhluk sosial", dia juga memerlukan bantuan alat lain untuk membuat kinerjanya perfect. Contohnya, di Arduino Nano, ia tidak dapat terkoneksi ke internet secara langsung, untuk itu diciptakanlah alat ESP 8266 Wi-Fi Module untuk membuat si Arduino Nano dapat terkoneksi ke internet.
Di blog ini, kemungkinan besar saya akan lebih banyak menggunakan Arduino Uno, karena tipe inilah yang populer di kalangan masyarakat. Harganya yang murah dan ukurannya yang compact menjadi tolak ukur saya dalam menggunakan Arduino Uno.
Sekian post saya hari ini, terima kasih, dan jangan lupa untuk mengecek blog ini sering-sering ya.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian dan Jenis-Jenis Sensor

Sensor Sensor PENGERTIAN dan JENIS-JENIS SENSOR Pada postingan awal blog saya, terdapat istilah sensor. Nah, di postingan kali ini, saya akan menjelaskan apa itu sensor. Sensor adalah suatu alat yang ditujukkan untuk mendeteksi keberadaan suatu kejadian atau perubahan nilai di sekitar lingkungan alat tersebut. Setelah mendeteksi adanya perubahan, maka sensor akan memeberikan tanggapan suatu keluaran. Keluaran yang biasa dikeluarkan oleh sensor umumnya berupa isyarat listrik. Kita ambil contoh, sensor ultrasonik akan mengukur jarak dari sensor itu sendiri ke objek yang ada didepan sensor tersebut, dan akan menampilkan jarak baik itu dalam centimeter maupun meter(tergantung keluaran apa yang kita inginkan) dan dinyatakan dengan besaran tegangan listrik. Untuk cara mengkonversinya akan saya post di lain waktu. Sensor dapat dibagi kedalam berbagai jenis. Beberapa jenis sensor adalah seperti : Sensor Biometrik Sensor Gerakan Sensor Listrik Sensor Cahaya

Dasar Komponen Elektronika

Dasar Komponen Elektronika Dasar Komponen Elektronika Pada postingan ini, saya akan menjelaskan beberapa dasar dari komponen elektronika yang tentunya nanti akan banyak kita gunakan di beberapa proyek arduino nanti, maupun kita gunakan di kehidupan sehari-hari. Beberapa komponen yang akan saya jelaskan disini adalah sebagai berikut : Breadboard Diode LED( Light Emitting Diode ) Resistor Kapasitor Transistor Akan saya jelaskan pengertian dan contoh-contoh dari masing-masing sensor secara berurutan. 1. Breadboard Breadboard adalah sebuah papan yang memiliki banyak lubang. Lubang ini memungkinkan kita untuk menancapkan/memasukkan kaki komponen maupun kabel penghubung tanpa perlu melakukan penyolderan terlebih dahulu untuk menghubungkan antar komponen/kabel yang telah ditancapakan pada breadboard. Hubungan lubang pada breadboard tidak terlihat secara fisik, hubungan antar lubang dapat dilihat pada gambar dibawah. Hubungan dari breadboard ini dapat di