Skip to main content

Pengertian dan Jenis-Jenis Sensor

Sensor Sensor

PENGERTIAN dan JENIS-JENIS SENSOR

Pada postingan awal blog saya, terdapat istilah sensor. Nah, di postingan kali ini, saya akan menjelaskan apa itu sensor. Sensor adalah suatu alat yang ditujukkan untuk mendeteksi keberadaan suatu kejadian atau perubahan nilai di sekitar lingkungan alat tersebut. Setelah mendeteksi adanya perubahan, maka sensor akan memeberikan tanggapan suatu keluaran. Keluaran yang biasa dikeluarkan oleh sensor umumnya berupa isyarat listrik. Kita ambil contoh, sensor ultrasonik akan mengukur jarak dari sensor itu sendiri ke objek yang ada didepan sensor tersebut, dan akan menampilkan jarak baik itu dalam centimeter maupun meter(tergantung keluaran apa yang kita inginkan) dan dinyatakan dengan besaran tegangan listrik. Untuk cara mengkonversinya akan saya post di lain waktu.
Sensor dapat dibagi kedalam berbagai jenis. Beberapa jenis sensor adalah seperti :

  1. Sensor Biometrik
  2. Sensor Gerakan
  3. Sensor Listrik
  4. Sensor Cahaya
  5. Sensor Lokasi
  6. Sensor Lingkungan
  7. Sensor Mekanik
  8. Sensor Pemindai(Scanner)
  9. Sensor Suara
  10. Sensor Jarak

Akan saya jelaskan pengertian dan contoh-contoh dari masing-masing sensor secara berurutan.

(Sensor Sidik Jari)
1. Sensor Biometrik
Sensor Biometrik adalah sensor yang berkaitan dengan meng-identifikasi seseorang melalui segala parameter yang melekat dalam tubuhnya. Contoh sensornya yaitu sensor sidik-jari dan sensor retina mata. Pengaplikasian sensor sidik jari sudah sering kita temui dalam smartphone yang ada saat ini, dan sensor retina mata pun terdapat di beberapa smartphone canggih seperti samsung dan sebagainya.

(Sensor PIR)
2. Sensor Gerakan
Sensor gerakan adalah sensor yang mendeteksi perubahan gerakan fisik. Sensor gerakan pun terbagi dalam berbagai jenis, contohnya yaitu :
  1. Sensor Akselerometer
  2. Sensor Giroskop

Contoh penggunaanya yaitu sensor PIR(Passive Infrared Sensor) biasa digunakan untuk membuka pintu ketika ada orang lewat didepannya, sensor ini juga bisa diatur sesuai keinginan kita, seperti menghidupkan lampu ketika sensor mendeteksi adanya gerakan.
Lalu ada sensor akselerometer, sensor ini bisa digunakan untuk mengetahui posisi X,Y, dan Z dari suatu objek. Dengan mengetahui X,Y, dan Z suatu objek, maka sensor akan dapat mengetahui kemiringan objek tersebut.
Sensor giroskop, sensor ini dapat dipakai untuk mengetahui orientasi suatu benda terhadap satu atau beberapa sumbu.

(Sensor Voltase)
3. Sensor Listrik
Sensor Listrik adalah sensor yang berfungsi untuk menghasilkan informasi tentang sistem kelistrikan suatu rangkaian. Contohnya, sensor arus dapat memberikan berapa ampere arus yang melewati suatu titik dalam rangkaian. Lalu ada sensor tegangan, yang akan mendeteksi berapa beda potensial antara 2 titik, dan ada juga potensiometer yang dapat mengukur besarnya hambatan.

4. Sensor Cahaya
Sensor Cahaya adalah sensor yang digunakan untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan cahaya. Sebagai contoh, ada LDR( Light Dependent Resistor) yang dapat digunakan untuk mengukut intensitas cahaya secara relatif. Adapaun lux meter yang digunakan untuk mengukur intensitas cahaya disuatu tempat tentunya dalam satuan lux

(Sensor LDR)
5. Sensor Lokasi
Sensor Lokasi adalah sensor yang dapat digunakan untuk mengetahui lokasi secara geografis. Untuk contohnya, ada GPS yang dapat memberi informasi tentang lokasi sesuatu lengkap dengan letak bujur dan lintangnya.

(Sensor BMP 180)
6. Sensor Lingkungan
Sensor Lingkungan adalah sensor yang dapat mengetahui kondisi lingkungan di sekitar kita. Kita ambil contoh sensor DHT 11, sensor ini berguna untuk mengetahui suhu dan kelembapan disekitar sensor. Lalu ada sensor BMP 180, yang dapat digunakan untuk mengetahui suhu dan tekanan pada lingkungan sekitar sensor

7. Sensor Mekanik

(Contoh-Contoh Saklar)

Sensor mekanik adalah sensor yang berhubungan dengan pengukuran mekanis dan juga alat-alat mekanis. Contohnya adalah push button atau dapat kita sebut saklar tekan, itu termasuk pada sensor mekanik. Lalu ada juga Sensorflex, FlexyForce, dan timbangan adalah contoh-contoh sensor mekanik.

(RFID Reader)
8. Sensor Pemindai(scanner)
Sensor pemindai adalah sensor yang bekerja atas dasar pindaian. Contoh-contoh sensor pemindai yaitu RFID Reader dan Barcode Reader yang digunakan untuk memindai barcode atau yang sering kita jumpai yaitu qr code.

(Mikrofon untuk Arduino)
9. Sensor Suara
Sensor Suara adalah sensor yang mendeteksi segala bentuk suara. Kita dapat mengambil contoh mikrofon, mikrofon dapat mengubah suara menjadi isyarat listrik.

(Sensor Ultrasonik)
10. Sensor Jarak
Sensor Jarak adalah sensor yang berguna untuk mengukur jarak suatu objek. Sebagai contoh, yaitu sensor ultrasonik yang dapat mengukur jarak dari sensor ke objek yang ada didepannya.

Comments

Popular posts from this blog

Dasar Komponen Elektronika

Dasar Komponen Elektronika Dasar Komponen Elektronika Pada postingan ini, saya akan menjelaskan beberapa dasar dari komponen elektronika yang tentunya nanti akan banyak kita gunakan di beberapa proyek arduino nanti, maupun kita gunakan di kehidupan sehari-hari. Beberapa komponen yang akan saya jelaskan disini adalah sebagai berikut : Breadboard Diode LED( Light Emitting Diode ) Resistor Kapasitor Transistor Akan saya jelaskan pengertian dan contoh-contoh dari masing-masing sensor secara berurutan. 1. Breadboard Breadboard adalah sebuah papan yang memiliki banyak lubang. Lubang ini memungkinkan kita untuk menancapkan/memasukkan kaki komponen maupun kabel penghubung tanpa perlu melakukan penyolderan terlebih dahulu untuk menghubungkan antar komponen/kabel yang telah ditancapakan pada breadboard. Hubungan lubang pada breadboard tidak terlihat secara fisik, hubungan antar lubang dapat dilihat pada gambar dibawah. Hubungan dari breadboard ini dapat di

Dasar Arduino

Dasar Arduino DASAR ARDUINO Gambar 1( Logo Arduino ) Apa itu Arduino? Menurut web Arduinonya sendiri, Arduino adalah platform elektronik open-source yang didasarkan pada perangkat keras dan lunak yang mudah digunakan. Sederhana-nya, Arduino adalah sebuah perangkat mikrokontroller yang dirancang untuk memudahkan penggunaan atau pengendalian komponen elektronika dalam berbagai bidang. Layaknya android, Arduino ini bersifat open-source sehingga membuat Arduino ini dapat berkembang dengan pesat. Untuk mengendalikannya pun diperlukan permrograman sehingga Arduino dapat kita jalankan sesuai keiniginan kita. Contohnya ketika kita ingin mengatur sensor ultrasonik, maka kita akan memprogram sensor ultrasonik tersebut didalam software Arduino IDE yang sudah saya bahas di postingan sebelumnya. Gambar 2( Papan Arduino ) Papan Arduino ( Arduino Board ) adalah jenis papan elektronik yang saat ini sering digunakan untuk mempelajari berbagai proyek elektronika yang tentunya m